Kiat Mencegah Rambut Lepek Karena Berminyak



Rambut lepek bisa membuat penampilan kurang maksimal. Rambut terlihat tidak bervolume dan juga kotor. Berikut beberapa langkah untuk menghindarinya. 
Sebelum melakukan pencegahan, kita harus mengerti apa yang menyebabkan rambut menjadi berminyak dan lepek. Rambut dan kulit kepala menjadi berminyak karena produksi sebum yang berlebih. Sebum adalah minyak alami yang diproduksi untuk menjaga kelembaban kulit kepala.

Namun pada beberapa orang, produksi sebum menjadi berlebihan. Hormon biasanya menjadi penyebabnya. Para remaja,wanita yang sedang menstruasi, wanita yang tengah hamil atau mengonsumsi pil KB seringkali mengalami produksi sebum yang berlebih karena ada gejolak hormon di tubuhnya. Paparan sinar matahari juga merupakan salah satu faktor pencetus produksi minyak berlebih di kulit kepala. 

Tapi bukan berarti hal tersebut tak bisa diatasi. Ahli dermatologi asal Universitas Oregon Health Sciences, Portland, Amerika Serikat, Paul Contorer meyakini produksi sebum di kulit kepala bisa dikontrol dengan beberapa cara berikut.

1. Keramas setiap hari
"Mereka yang memiliki rambut dan kulit kepala berminyak bisa mencuci rambutnya setiap hari," ujar Contorer dalam myhealth.com. Dengan mencuci rambut setiap hari, produksi sebum akan berkurang. Keramas tiap hari juga penting untuk menjaga kebersihan karena kotoran cenderung melekat pada rambut berminyak. 

2. Membasuh rambut dengan bersih
Tidak tuntas membersihkan sisa shampo saat keramas bisa memicu produksi sebum. Akibatnya, rambut menjadi lebih mudah berminyak. Pastikan kotoran dan sisa shampo tuntas dibersihkan saat membilas rambut. 

3. Lupakan pelembap (kondisioner)
Rambut Anda sudah cukup memproduksi pelembab alami. Karena itu, tak perlu menggunakan produk-produk yang bisa membuat rambut semakin lembap. Jika ingin memperbaiki ujung rambut yang pecah-pecah, gunakan hanya di bagian ujung rambut saja. Hindari mengaplikasikan kondisioner di bagian kulit kepala. 

4. Kurangi sentuhan
Biasakan menyentuh rambut serta kulit kepala sesedikit mungkin dan menyisir rambut seperlunya. Sentuhan pada rambut dan kulit kepala bisa semakin memicu produksi sebum. Selain itu, menyisir rambut pada saat berminyak hanya akan memindahkan minyak ke bagian rambut lainnya.

5. Khasiat jeruk nipis
Jeruk nipis merupakan bahan alami yang bisa mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala. Menggunakan perasan jeruk nipis sebelum keramas dan membiarkannya selama 15 menit sebelum dibilas bisa membantu mengurangi produksi sebum yang berlebih. 

6. Kurangi produk yang tak perlu 
Sebisa mungkin kurangi penggunaan produk-produk yang semakin membebani rambut. Gel, hair spraymousse merupakan produk-produk yang berisiko membuat rambut semakin berminyak karena bekasnya yang menempel di helai rambut. Penggunaan produk-produk ini juga bisa memicu produksi minyak berlebih.

sumber : id.yahoo.com

0 komentar:

Poskan Komentar