Cara Merawat Rambut Bagi Wanita Berjilbab



Dalam aturan agama islam, mengenakan kerudung/jilbab bagi seorang wanita memang wajib hukumnya, karena kepala (kecuali muka) merupakan bagian dari aurat bagi wanita dan wajib ditutupi.
Selain itu, jilbab/kerudung sekarang sudah menjadi tren, cukup bagus, asal jangan asal pasang lepas jilbab semaunya. Tetapi, ada beberapa dampak negatifnya lhoo, tapi tenang cara mengantisipasi dan cara merawat rambut berjilbab, jadi jangan jadikan ini sebagai alasan buat ukhy yang udah baligh untuk tidak Berjilbab. Dampak negatifnya adalah, karena rambut selalu ditutupi kain, terjadilah tekanan pada rambut dan kulit kepala, nah inilah yang merangsang kulit kepala untuk mengeluarkan minyak lebih yang merupakan dalang dari timbulnya ketombe dan penyebab rambut rontok. Karena tekanan dari kain jilbab tadi, rambut juga menjadi lepek.
Tapi tenang, kita disini akan mebahasa Cara Merawatnya :
1.  Usahakan memakai jilbab ketika rambut dalam keadaan kering
Karena rambut yang basah jika langsung ditutupi jilbab, maka akan menyebabkan rambut menjadi lepek dan tentu bau apaa gitu ya. hoho. Proses pengeringan rambut juga tidak disarankan menggunakan hair dryer (pengering rambut), tapi disarankan keringkan rambut secara alami dengan cara di angin-anginkan saja..
2.  Jika rambut diikat, jangan terlalu kuat (sampai rambut tegang).
Kalo rambut ukhy panjang, tentu diikat kan supaya ngga keliatan dari belakang, nah usahain jangan terlau kuat, karena ini juga akan memicu kerontokan. Mending pelan-pelan aja.
3.  Menjaga rambut agar tidak terlalu panjang
Maksudnya, potonglah rambut ukhy secara berkala, periode nya silakan ukhy tentukan sendiri, yang penting jangan terlalu panjang, biar ngga ngegumpel di dalem jilbab.
4.  Jangan lupa keramas pake sampo yang pas dihati, dikantong, dan tentu dirambut
Ya, ini merupakan perawatan rambut yang normal untuk membersihkan minyak dan kotoran pada rambut. Bila perlu creambath teratur 2 minggu sekali dan gunakan hair tonic.
5.  Lepas lah jilbab ketika tidur
Eits, jangan lupa kunci pintu kamarnya, supaya aurat ukhy tetap terjaga.

0 komentar:

Poskan Komentar