12 Nutrisi Bergizi untuk Rambut Lebih Bersinar

Layaknya tubuh, rambut juga perlu nutrisi agar tetap terjaga keindahannya. Apa saja makanan yang bisa memberi nutrisi terbaik untuk rambut?

Dikutip dari USNewsHealth, dermatologis Neil Sadick dari Universitas Weill Cornell Medical, New York, mengatakan, "Diet seimbang dan menyantap protein serta zat besi akan membuat rambut Anda lebih indah." 
 
Nutrisi untuk rambut Anda. (Gerry Wilson Studios)Pernyataan Sadick juga diperkuat oleh Dawn Jackson Blatner, penulis buku "The Flexitarian Diet". Menurutnya, jika tubuh kekurangan protein, maka rambut akan tumbuh lebih lambat serta rapuh. "Nutrisi yang masuk lewat makanan akan menjadi fondasi rambut juga kulit kepala Anda," ujar Blatner dalam bukunya.

Berikut, beberapa jenis makanan yang memiliki nutrisi bermanfaat untuk rambut. 

Produk susu
Protein dalam susu bisa membuat rambut menjadi lebih kuat. Produk susu olahan seperti keju dan yoghurt juga bisa menjadi pilihan. Sebaiknya pilih produk susu yang rendah lemak. 

Salmon
"Lemak esensial Omega-3 dapat membuat kulit kepala lebih sehat," ujar Andrea Giancoli, ahli gizi asal Los Angeles yang dikutip dari WebMD. Ikan Salmon merupakan salah satu makanan yang kaya akan lemak sehat Omega-3 tersebut.

Daging merah
"Orang-orang sering mengalami masalah kerontokan rambut terutama para wanita. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi di tubuh," ujar Paradi Mirmirani, seorang dermatologis asal California. Untuk mendapatkan zat besi yang cukup, santaplah daging merah. 

Gandum utuh
Gandum utuh memiliki kandungan zat besi dan vitamin B yang tinggi. Kedua nutrisi itu dapat membuat volume rambut lebih tebal.

Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan sebagainya kaya akan vitamin A dan C. Vitamin itu mempengaruhi produksi sebum di kulit kepala sehingga menjaganya dari kekeringan. Rambut pun tak mudah patah dan rapuh.

Telur
Telur mengandung biotin dan vitamin B. Nutrisi tersebut bisa menjaga kesehatan kulit kepala secara total dan membuat akar rambut lebih subur.

Kacang-kacangan
Kacang mengandung banyak zinc yang bisa membantu mengurangi kerontokan rambut. Selain itu dalam kenari ditemukan silika, nutrisi yang bisa mencegah timbulnya ketombe.

Tiram
Selain kaya akan zinc, tiram juga menstimulasi tubuh untuk membentuk hormon androgen. Hormon ini yang mempengaruhi kesuburan rambut dan mengurangi munculnya ketombe. Selain itu hormon androgen juga bisa membantu mengeluarkan kilau alami rambut Anda.

Wortel
Wortel kaya akan vitamin A. Selain baik bagi mata, vitamin A dapat melindungi dan menyehatkan kulit kepala.

Udang 
Makanan laut satu ini kaya akan vitamin B12, zat besi, dan zinc. Ketiga nutrisi tersebut berperan sangat penting dalam mencegah kerontokan rambut. 

Pisang
Pisang kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 adalah nutrisi yang dapat menyuburkan akar rambut sehingga membuat bisa membantu mencegahkerontokan.

Ubi
Beta karoten di dalam ubi akan diubah menjadi vitamin A yang akan memastikan nutrisi di tubuh sampai ke rambut. Selain itu beta karoten juga bisa mencegah rambut patah dan rontok.

0 komentar:

Poskan Komentar